Tanggung Jawab Sosial

Masih menyangkut postingan saya sebelumnya yang membahas mengenai Sumber Daya Manusia dimana sebuah perusahaan melakukan perencanaan dan perekrutan tenaga kerja. Pada pembahasan saya kali ini saya akan membahas mengenai Tanggung Jawab Sosial yang dijalankan sebuah perusahaan.

Sebagai makhluk sosial, kita dituntut untuk dapat mempunyai tanggung jawab, baik itu tanggung jawab terhadap diri sendiri, orang lain maupun lingkungan dimana kita berada. Dengan begitu kita telah meningkatkan kualitas jati diri kita dalam hidup bermasyarakat.

Sama halnya dengan sebuah perusahaan, baik itu perusahaan kecil maupun perusahaan besar. Guna meningkatkan pelayanan dan kualitas hasil produk dari perusahaan tersebut maka hal yang paling utama dan terutama adalah mempunyai rasa tanggung jawab dan kepedulian yang besar terhadap konsumen dan lingkungan disekitar tempat usaha.

Tanggung jawab yang dapat dilakukan oleh perusahaan dapat ditunjukkan mulai dari tanggung jawabnya terhadap tenaga kerja dengan cara meningkatkan kesejahteraan bagi para karyawan. Karyawan yang mendapatkan perlakuan baik dari perusahaan juga akan menunjukkan hasil yang terbaik. Oleh karena itu, kesuksesan suatu perusahaan juga sangat tergantung dengan orang-orang yang terlibat didalamnya, dan salah satunya adalah karyawan.

Tanggung jawab berikutnya adalah tanggung jawab terhadap konsumen. Bagaimana caranya? Dengan memberikan pelayanan yang memuaskan dan hasil produk yang dijaga kualitasnya, maka akan memberikan efek tersendiri bagi para konsumen. Oleh karena itu, akan lebih baik apabila pelayanan yang memuaskan dan hasil produk yang berkualitas dapat diberikan oleh perusahaan kepada konsumen. Memberikan pelayanan yang memuaskan dapat dijadikan suatu keunggulan dibandingkan perusahaan lainnya sehingga mampu bertahan, mengingat persaingan dalam dunia bisnis sangat ketat. Pelayanan yang memuaskan ini dapat ditunjukkan dari kemampuan kita menjawab pertanyaan-pertanyaan konsumen, sikap yang ramah, penampilan, perhatian terhadap keluhan-keluhan konsumen dan berikutnya adalah tindakan. Hasil produk yang dihasilkan juga harus selalu dijaga kualitasnya sehingga aman dan tidak berbahaya.

Tanggung jawab berikutnya adalah tanggung jawab terhadap lingkungan dimana kita berada. Mengingat lingkungan juga merupakan komponen penting untuk memajukan sebuah perusahaan, maka perusahaan dituntut untuk ramah lingkungan. Hal ini dapat ditunjukkan perusahaan dengan membuang sampah limbah pada tempat yang seharusnya, kebersihan peralatan yang dipakai dan tidak merugikan masyarakat disekitar perusahaan berada. Dengan demikian, dengan memberikan pelayanan yang prima serta hasil produk yang berkualitas maka konsumen akan merasa puas dan kemudian akan merekomendasikan perusahaan ke orang-orang disekitarnya. Dengan begitu perusahaan akan terus berkembang dan maju.

0 Response to "Tanggung Jawab Sosial"

Post a Comment